Wajah Baru GNOME.ID

Terhitung sejak tanggal 17 Juni kemarin, apabila Anda mengakses laman gnome.id, maka Anda akan disuguhi dengan tampilan situs yang baru dan tentunya lebih segar daripada sebelumnya. Apa yang terjadi pada laman situs gnome.id tentunya bukan semata simsalabim dan secara tiba-tiba berubah begitu saja. Di balik wajah barunya tersebut, terdapat kerja keras para relawan dari komunitas GNOME Indonesia.

Para relawan tersebut bekerja secara kolaboratif di waktu-waktu senggangnya untuk memperbaiki laman gnome.id ini. Beberapa dari mereka ada yang berkontribusi dengan membuat rancangan/konsep/mockup halaman, menyiapkan aset-aset gambar/ilustrasi, menulis kode-kode untuk merealisasikan mockup, hingga menguji tiap perubahan yang telah berhasil diwujudkan tersebut secara berkala. Alhasil, upaya kolaboratif tersebut telah dapat Anda akses seperti saat ini.

Sebagain dari Anda mungkin mulai bertanya, apa yang sebenarnya ingin disampaikan melalui postingan ini. Sekadar kabar pembaruan laman? Tentu tidak hanya itu. Perubahan wajah pada laman gnome.id semestinya menjadi semangat baru untuk teman-teman di Komunitas GNOME Indonesia (GNOME-ID) untuk aktif kembali memberikan kontribusi ke GNOME khususnya, dan ke proyek-proyek open source lain pada umumnya.

Tidak dapat dipungkiri, GNOME-ID tentunya memerlukan wajah baru yang bukan empat L (istilah candaannya). Bertemu dengan orang-orang baru tentunya juga akan menambah ide-ide baru dan nuansa yang baru pula. Tak perlu lagi berkecil hati, rekan-rekan lain, yang sebutlah lebih berpengalaman, tentunya akan siap dan dengan senang hati membantu untuk memulai, tentunya dengan catatan, harus mau berkomitmen. Untuk yang belum tahu dan belum bergabung, GNOME-ID memiliki grup diskusi Telegram, silakan klik tautan ini untuk nimbrung bersama rekan-rekan GNOME-ID dari berbagai daerah di Indonesia.

Pertanyaan selanjutnya, apa yang bisa kita sumbangsihkan kepada GNOME atau proyek open source lain? Banyak jalan yang dapat dipilih, tentunya. Silakan ikut berpartisipasi sesuai dengan minat yang ingin ditekuni. Dimulai dari hal-hal nonteknis (untuk Anda yang barangkali tak memiliki kemapuan dalah hal kode), Anda dapat berkontribusi dengan menulis ulasan aplikasi-aplikasi GNOME, berita seputar kegiatan komunitas GNOME di sekitar Anda kemudian mengirimkan ke surel humas@gnome.id, sebagai penerjemah, desainer, hingga ke tahap membantu pengembangan aplikasi apabila Anda memiliki pemahaman seputar pemrograman. Untuk rincian detailnya, silakan merujuk pada repositori GNOME.

Akhirnya, mari bersama-sama membangun Komunitas GNOME Indonesia, sebab komunitas tanpa keaktifan dan kontribusi dari para anggotanya hanya akan menjadi nama usang yang tentunya tak menarik lagi untuk dikenang suatu saat nanti. Terima kasih untuk semua rekan yang telah berkontribusi hingga hari ini.